RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                       : SMA

Mata Pelajaran            : Fisika

Kelas/ Semester           : XII/ I

Alokasi Waktu            : 1 x 20 menit

 

  1. I.         Standar Kompetensi

Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah

  1. II.      Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan gejala dan cirri-ciri gelombang bunyi

 

  1. III.   Indikator
    1. Dapat mendefinisikan gelombang mekanik..
    2. Dapat menjelaskan gelombang bunyi dan penyebabnya..
    3. Dapat menyebutkan karakteristik atau ciri gelombang bunyi.
    4. Dapat menentukan persamaan bunyi pada medium tertentu.

 

  1. IV.   Tujuan Pembelajaran
    1. Siswa mengetahui gelombang dan macam-macamya.
    2. Siswa dapat mendefinisikan gelombang mekanik.
    3. Siswa mengetahui gelombang bunyi dan penyebabnya.
    4. Siswa dapat menyebutkan karakteristik gelombang bunyi.
    5. Siswa dapat menjelaskan gelombang bunyi dan karakteristiknya kepada teman lainnya.
    6. Siswa dapat mehitung besarnya  cepat rambat bunyi pada medium tertentu.

 

  1. V.      Materi Ajar

Gelombang Bunyi

  1. Gelombang

Gelombang merupakan getaran yang merambat. Dalam perambatannya gelambang mentransfer suatu energi dari satu tempat ke tempat yang lain. Salah satu sifat gelombang adalah merambat sehingga gelombang mempunyai suatu kecepatan tertentu. Berdasarkan arah perambatannya gelombang dibedakan menjadi dua yaitu gelombang Transverssal dan gelombang longitudinal. Gelombang transversal yaitu gelombang yang arah rambatnya tegak lurus dengan arah getarannya. Contohnya adalah gelomabang pada tali. Sementara gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah ranmbatnya searah/sejajar dengan arah getarannya. Contohnya adalah bunyi.

Sementara itu berdasarkan ada tidaknya medium dalam perambatannya gelombang dibedakan menjadi dua yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Gelombang mekanik adalah suatiu gelombang yang dalam perambatannya membutuhkan medium. Sementara gelombang elektromagnetik adalah gelombang yamg dalam perambatannya tidak membutuhkan medium.

  1. Gelombang Bunyi

Bunyi merupakan suatu gelombang mekanis longitudinal. Dalam perambatannya bunyi memerlukan medium. Medium yang dapat digunakan untuk merambat adalah zat padat, cair, dan gas. Seperti halnya gelomabng lainnya, bunyi juga mempunyai frekuensi, amplitudo, periode dan cepat rambat bunyi. Syarat adanya gelombang bunyi adalah adanya sumber bunyi. Sumber bunyi adalah suatu benda yang bergetar.

Berdasarkan frekuensinya bunyi dibedakan menjadi 3 yaitu audiosonik, ultrasonik, dan infrasonik. Audiosonik adalah bunyi yang frekuensinya berkisar antara 20 Hz – 20000 HZ. Infrasonik adalah bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 Hz, dan ultrasonik adalah bunyi yang frekuensinya di atas 20000 Hz. Bunyi yang dapat didengar oleh telinga manusia adalah audiosonik.

Bunyi merupakan gelombang longitudinala yang dalam perambatannya juga memerlukan medioum. Medium gelombang bunyi dapat berupa gas, padat, dan cair. Cepat rambat bunyi dalam masing-masing medium berbeda-beda. Berikut cara mencari besarnya cepat rambat bunyi pada masing-masing medium :

  1. Cepat rambat gelombang bunyi pada gas\

(m/s)

 

 

 

 

  1. Cepat rambat bunyi pada zat padat

 

 

 

 

  1. Cepat rambat gelombang bunyi pada zat cair

 

 

 

 

  1. VI.   Strategi/Metode Pembelajaran

Strategi : Pembelajaran Kontekstual

Metode: Diskusi, Presentasi

 

VII.Langkah Pembelajara

Kegiatan Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu
  1. 1.      Kegiatan Awal
Awal
  • Membuka pembelajaran dan memberikan motivasi siswa dengan mengajukan permasalahan
    • Mendengarkan penjelasan dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
2 menit
  1. 2.      Kegiatan Inti
    1. Eksplorasi
Guru menjelaskan tentang gelombang bunyi Siswa mendengarkan penjelasan dari guru 2 menit
  1. Elaborasi
  • Guru membagi krelas menjadi 2 kelompok
  • Guru memberikan pengarahan kegiatan yang akan dilakukan oleh siswa.
  • Guru mengawasi dan membantu siswa apabila mengalami kesulitan
    • Siswa berkumpul dengan kelompoknya
    • Siswa diskusi kelompok dan menuliskan pengertian gelombang, macam gelombang, gelomabang bunyi, karakteristik gelomabang bunyi sesuai dengan tugas yang diberikan oleh guru pada kertas yang disediakan .
    • Perwakilan kelompok maju ke depan untuk presentasi hasil diskusi kepada kelompok lain dan kelompok lain memperhatikan kelompok yang sedang presentasi
12 menit
  1. Konfirmasi
  • Guru memberikan penjelasan kembali tentang materi yang telah dilaksanakan dan memberikan tugas kepada siswa
    • Siswa mendengarkan penjelasan dari guru dan bertanya bila ada kesulitan yang dirasakan
3 menit
  1. 3.      Kegiatan Akhir
 
  • Guru memberikan apresiasi kepada siswa telah mengikuti pembelajaran dengan baik.
  • Guru menyampaikan materi yang akan disampaikan pertemuan mendatang.
  • Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama dan mengucapkan salam.

 

 

  • Siswa menjawab salam dari guru,.
1 menit

 

  1. VIII.       Penilaian
    1. Teknik Penilaian
      1. Tes langsung (lisan)
      2. Tes tertulis
      3. Penugasan
      4. Pengamatan
      5. Instrumen Penilaian
        1. Soal
        2. Lembar pengamatan

 

  1. IX.             Sumber dan media pembelajaran

Sumber : Fisika SMA untuk kelas XII penulis Bob Foster, Buku Sekolah Elekektronik Penulis Joko Budiayanto dll.

Alat dan Media Pembelajaran : Papan Tulis, spidol, kertas plano

 

Yogyakarta, 23 April 2012

Mengetahui,

Kepala SMA Boden Powell, YK                    Guru Mapel Fisika

 

 

            _________________________                      Aji Setiawan

 

 

 

 

 

 

Lembar soal diskusi

Kelompok 1

  1. Apa yang dimaksud gelombang?
  2. Sebutkan macam – macam gelombang berdasarkan arah ranbatannya dan mediumnya!
  3. Apa yang dimaksud gelombang bunyi?
  4. Sebutkan syarat gelomabang bunyi!

Kelompok 2

  1. Sebutkan karakteristik dari gelomabng bunyi!
  2. Sebutkan dan jelaskan macam gelomabng bunyi berdasarkan besar frekuensinya dan yang dapat mendengarnya.
  3. Medium yang digunakan dan persamaan cepat rambat pada masing-masing medium.
  4. Sebutkan factor yang mempengaruhi cepat rambat gelombang bunyi!

 

Jawaban soal diskusi

Kelompok 1

  1. Gelomabang adalah suatu getaran yang merambat, untuk mentranfer/merambatkan energy dari suatu tempat ke tempat lain.
  2. Macam – macam gelombang
    1. Gelomabang berdasarkan arah rambatannya yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal.

1)      Tranversal è gelombang yang arah rambatannya tegak lurus dengan arah getarannya.

2)      Longitudinal è gelombang yang arah rambatannya searah dengan arah getarannya.

  1. Gelombang berdasarkan mediumnya

1)      Mekanik è gelombang yang dalam perambatannya membutuhkan medium

2)      Elektomagnetik è gelombang yang dalam perambatannya tidak membutuhkan medium.

  1. Gelombang Bunyi merupakan suatu gelombang mekanis longitudinal. Dalam perambatannya bunyi memerlukan medium. Medium yang dapat digunakan untuk merambat adalah zat padat, cair, dan gas.
  2. Membuthkan medium dalam perambatannya, mempunyai sumber bunyi.

 

Kelompok 2

  1. Karakteristik gelombang bunyi
    1. Membutuhkan medium dalam perambatannya (gelombang mekanik)
    2. Merupakan gelombang longitudinal
    3. Mempunyai frekuensi, amplitude dan periode
    4. Macam gelomabng bunyi berdasarkan frekuensi
      1. Infrasonik è bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 Hz
      2. Audiosonik è bunyi yang frekuensinya antara 20 Hz – 20000 Hz
      3. Ultrasonik è bunyi yang frekuensinya di atas 20000 Hz
      4. Mediu yang didunakan dalam gelombang bunyi
        1. Medium gas

Cepat rambat gelombang bunyi pada gas\

(m/s)

 

 

 

 

  1. Medium zat padat

Cepat rambat bunyi pada zat padat

 

 

 

 

  1. Medium zat cair

Cepat rambat gelombang bunyi pada zat cair

 

 

 

 

 

 

 

Penugasan

Mencari arttikel tentang pemamfaatan gelomabang bunyi pada kehidupan!

 

Lembar pengamatan penilaian sikap

Skor adalah 1 sampai 4 dimana:

5 = sangat baik; 4 = baik; 3 = Cukup; 2 = Kurang; 1 = Sangat Kurang

Nilai yang diperoleh adalah: :      N  =   x  10

No.

Aspek Penilaian

Skor setiap kelompok

Sangat Baik Baik Cukup Kurang Sangat Kurang
1. Kesungguhan dalam mengikuti pembelajaran dan diskusi          
2. Keberanian dalam mengungkapkan pendapat          
3. Kebenaran dalam pengungkapan fakta(menjawab pertanyaan)          
4. Penampilan saat presentasi          

 

Catatan:      Berikan tanda Ö untuk setiap penampilan dari setiap tindakan yang dilakukan kelompok

 

 

 

Leave a comment