RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/ Semester : XII/ I
Alokasi Waktu : 1 x 20 menit
- I. Standar Kompetensi
Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah
- II. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan gejala dan cirri-ciri gelombang bunyi
- III. Indikator
- Dapat mendefinisikan gelombang mekanik..
- Dapat menjelaskan gelombang bunyi dan penyebabnya..
- Dapat menyebutkan karakteristik atau ciri gelombang bunyi.
- Dapat menentukan persamaan bunyi pada medium tertentu.
- IV. Tujuan Pembelajaran
- Siswa mengetahui gelombang dan macam-macamya.
- Siswa dapat mendefinisikan gelombang mekanik.
- Siswa mengetahui gelombang bunyi dan penyebabnya.
- Siswa dapat menyebutkan karakteristik gelombang bunyi.
- Siswa dapat menjelaskan gelombang bunyi dan karakteristiknya kepada teman lainnya.
- Siswa dapat mehitung besarnya cepat rambat bunyi pada medium tertentu.
- V. Materi Ajar
Gelombang Bunyi
- Gelombang
Gelombang merupakan getaran yang merambat. Dalam perambatannya gelambang mentransfer suatu energi dari satu tempat ke tempat yang lain. Salah satu sifat gelombang adalah merambat sehingga gelombang mempunyai suatu kecepatan tertentu. Berdasarkan arah perambatannya gelombang dibedakan menjadi dua yaitu gelombang Transverssal dan gelombang longitudinal. Gelombang transversal yaitu gelombang yang arah rambatnya tegak lurus dengan arah getarannya. Contohnya adalah gelomabang pada tali. Sementara gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah ranmbatnya searah/sejajar dengan arah getarannya. Contohnya adalah bunyi.
Sementara itu berdasarkan ada tidaknya medium dalam perambatannya gelombang dibedakan menjadi dua yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Gelombang mekanik adalah suatiu gelombang yang dalam perambatannya membutuhkan medium. Sementara gelombang elektromagnetik adalah gelombang yamg dalam perambatannya tidak membutuhkan medium.
- Gelombang Bunyi
Bunyi merupakan suatu gelombang mekanis longitudinal. Dalam perambatannya bunyi memerlukan medium. Medium yang dapat digunakan untuk merambat adalah zat padat, cair, dan gas. Seperti halnya gelomabng lainnya, bunyi juga mempunyai frekuensi, amplitudo, periode dan cepat rambat bunyi. Syarat adanya gelombang bunyi adalah adanya sumber bunyi. Sumber bunyi adalah suatu benda yang bergetar.
Berdasarkan frekuensinya bunyi dibedakan menjadi 3 yaitu audiosonik, ultrasonik, dan infrasonik. Audiosonik adalah bunyi yang frekuensinya berkisar antara 20 Hz – 20000 HZ. Infrasonik adalah bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 Hz, dan ultrasonik adalah bunyi yang frekuensinya di atas 20000 Hz. Bunyi yang dapat didengar oleh telinga manusia adalah audiosonik.
Bunyi merupakan gelombang longitudinala yang dalam perambatannya juga memerlukan medioum. Medium gelombang bunyi dapat berupa gas, padat, dan cair. Cepat rambat bunyi dalam masing-masing medium berbeda-beda. Berikut cara mencari besarnya cepat rambat bunyi pada masing-masing medium :
- Cepat rambat gelombang bunyi pada gas\
(m/s)
- Cepat rambat bunyi pada zat padat
- Cepat rambat gelombang bunyi pada zat cair
- VI. Strategi/Metode Pembelajaran
Strategi : Pembelajaran Kontekstual
Metode: Diskusi, Presentasi
VII.Langkah Pembelajara
Kegiatan | Kegiatan Guru | Kegiatan Siswa | Waktu |
|
|||
Awal |
|
2 menit | |
|
|||
Guru menjelaskan tentang gelombang bunyi | Siswa mendengarkan penjelasan dari guru | 2 menit | |
|
|
12 menit | |
|
|
3 menit | |
|
|||
|
|
1 menit |
- VIII. Penilaian
- Teknik Penilaian
- Tes langsung (lisan)
- Tes tertulis
- Penugasan
- Pengamatan
- Instrumen Penilaian
- Soal
- Lembar pengamatan
- Teknik Penilaian
- IX. Sumber dan media pembelajaran
Sumber : Fisika SMA untuk kelas XII penulis Bob Foster, Buku Sekolah Elekektronik Penulis Joko Budiayanto dll.
Alat dan Media Pembelajaran : Papan Tulis, spidol, kertas plano
Yogyakarta, 23 April 2012
Mengetahui,
Kepala SMA Boden Powell, YK Guru Mapel Fisika
_________________________ Aji Setiawan
Lembar soal diskusi
Kelompok 1
- Apa yang dimaksud gelombang?
- Sebutkan macam – macam gelombang berdasarkan arah ranbatannya dan mediumnya!
- Apa yang dimaksud gelombang bunyi?
- Sebutkan syarat gelomabang bunyi!
Kelompok 2
- Sebutkan karakteristik dari gelomabng bunyi!
- Sebutkan dan jelaskan macam gelomabng bunyi berdasarkan besar frekuensinya dan yang dapat mendengarnya.
- Medium yang digunakan dan persamaan cepat rambat pada masing-masing medium.
- Sebutkan factor yang mempengaruhi cepat rambat gelombang bunyi!
Jawaban soal diskusi
Kelompok 1
- Gelomabang adalah suatu getaran yang merambat, untuk mentranfer/merambatkan energy dari suatu tempat ke tempat lain.
- Macam – macam gelombang
- Gelomabang berdasarkan arah rambatannya yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
1) Tranversal è gelombang yang arah rambatannya tegak lurus dengan arah getarannya.
2) Longitudinal è gelombang yang arah rambatannya searah dengan arah getarannya.
- Gelombang berdasarkan mediumnya
1) Mekanik è gelombang yang dalam perambatannya membutuhkan medium
2) Elektomagnetik è gelombang yang dalam perambatannya tidak membutuhkan medium.
- Gelombang Bunyi merupakan suatu gelombang mekanis longitudinal. Dalam perambatannya bunyi memerlukan medium. Medium yang dapat digunakan untuk merambat adalah zat padat, cair, dan gas.
- Membuthkan medium dalam perambatannya, mempunyai sumber bunyi.
Kelompok 2
- Karakteristik gelombang bunyi
- Membutuhkan medium dalam perambatannya (gelombang mekanik)
- Merupakan gelombang longitudinal
- Mempunyai frekuensi, amplitude dan periode
- Macam gelomabng bunyi berdasarkan frekuensi
- Infrasonik è bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 Hz
- Audiosonik è bunyi yang frekuensinya antara 20 Hz – 20000 Hz
- Ultrasonik è bunyi yang frekuensinya di atas 20000 Hz
- Mediu yang didunakan dalam gelombang bunyi
- Medium gas
Cepat rambat gelombang bunyi pada gas\
(m/s)
- Medium zat padat
Cepat rambat bunyi pada zat padat
- Medium zat cair
Cepat rambat gelombang bunyi pada zat cair
Penugasan
Mencari arttikel tentang pemamfaatan gelomabang bunyi pada kehidupan!
Lembar pengamatan penilaian sikap
Skor adalah 1 sampai 4 dimana:
5 = sangat baik; 4 = baik; 3 = Cukup; 2 = Kurang; 1 = Sangat Kurang
Nilai yang diperoleh adalah: : N = x 10
No. |
Aspek Penilaian |
Skor setiap kelompok |
||||
Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | Sangat Kurang | ||
1. | Kesungguhan dalam mengikuti pembelajaran dan diskusi | |||||
2. | Keberanian dalam mengungkapkan pendapat | |||||
3. | Kebenaran dalam pengungkapan fakta(menjawab pertanyaan) | |||||
4. | Penampilan saat presentasi |
Catatan: Berikan tanda Ö untuk setiap penampilan dari setiap tindakan yang dilakukan kelompok