Asas Black dan Hukum Kekekalan Energi

Hukum kekekalan Energi secara umum menyatakan bahwa “ Energi tidak dapat di musnahkan dan tidak dapat diciptakan tetapi dapat berubah bentuk “. Kalor merupakan salah satu bentuk energi, oleh karena itu kalor juga harus memenuhi hukum kekekalan energi.

Hukum kekekalan energi kalor disebut juga dengan Azas Black. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh fisikawan yang bernama Joseph Black. Bunyi dari Azas Black adalah “ Pada pencampuran dua zat atau lebih, besarnya kalor yang dilepas oleh zat yang bersuhu tinggi sama dengan besarnya kalor yang diterima oleh zat yang bersuhu rendah “. Azas Black dapat dirumuskan sebagai berikut :

Qlepas = Qterima

Eksperimen tentang peristiwa Azas Black

Alat dan bahan :

  1. Air panas
  2. Es (air dingin)
  3. Gelas

Langkah :

Air panas dan es masing-masing  dimasukan ke dalam gelas yang berbeda. Kemudian keduanya dicampur. Bagaimana yang akan terjadi pada pencampuran zat tersebut?

Contoh Soal :

  1. Botol termos berisi 230 gram kopi pada suhu 800 C. Kemudian ditambahkan susu sebanyak 20 gram bersuhu 50 C. Jika tidak ada kalor pencampuran maupun kalor yang terserap botol termos dan klaor jenis kopi=susu=air= 1,00 kal/g 0 C, maka berapakah suhu keseimbangan campuran?

Penyelesaian :

Diket : tK = 80 0C              mK = 230 gr

tS = 5 0C                      mS = 20 gr

Ditanya : t campuran ?

Jawab :

Qs           =          Qk

ms  c∆ts         =          mk ck ∆tk

20 . 1.(t-5)             =          230 . 1 .(80-t)

20 t – 100             =          18400 – 230 t

250 t                =          18500

t           =          74 0C

Leave a comment